Jenis-Jenis Asuransi Beserta Perbedaannya yang Perlu Diketahui

Perbedaan Jenis Asuransi

Hidup yang kita jalani saat ini memang selalu penuh dengan misteri. Ada beberapa kejadian dan tragedi yang terkadang tidak bisa diprediksi dan terjadi secara tiba-tiba. Walaupun kita tidak mengetahui apapun mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, antisipasi dan selalu berjaga-jaga merupakan hal yang sangat penting. Banyak yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi, yaitu seperti selalu menerapkan hidup sehat, berhati-hati ketika berkendara, selalu membawa obat-obatan pribadi ketika bepergian, dan mempersiapkan asuransi.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui betapa pentingnya memiliki asuransi beserta manfaatnya di kehidupan sehari-hari. Padahal, secara tidak langsung asuransi memiliki manfaat dalam melindungi diri kita dan keluarga lho. Perlindungan tersebut tentu disesuaikan pula dengan jenis-jenisnya serta manfaat yang akan didapat. Bagi kamu yang masih awam, sebenarnya ada berapa banyak sih jenis-jenis asuransi yang perlu diketahui? Yuk kita pelajari bersama-sama.

Jenis-Jenis Asuransi

1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini bisa dikatakan sebagai salah satu asuransi yang cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia. Jenis asuransi ini memungkinkan setiap pemegangnya untuk mempersiapkan antisipasi ketika suatu hal terjadi pada si pemegang asuransi dan berdampak pada anggota keluarganya. Antisipasi tersebut bisa berupa santunan atau menafkahi, disesuaikan dengan kesepatakan yang telah disepakati di awal. Biasanya dana di dalam asuransi jiwa baru akan bisa dicairkan bila pemegang polis mengalami kejadian tak terduga, seperti meninggal dunia.

Tetapi ada pula beberapa perusahaan asuransi yang mengizinkan si pemegang polis mengklaim dana sebelum meninggal dunia sehingga ia bisa memiliki tabungan. Selain mengantisipasi dan melindungi anggota keluarga tercinta, asuransi jiwa juga dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang, karena dibandingkan jenis asuransi lainnya, asuransi jiwa tergolong memiliki jangka waktu yang lebih panjang.

2. Asuransi Kesehatan

Kesehatan dapat dikatakan memiliki perbedaan yang sangat tipis dengan jiwa. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kasus kematian yang menyangkut dengan kesehatan dan penyakit. Hal inilah yang membuat asuransi kesehatan menjadi sangat penting untuk dimiliki. Seiring berjalannya waktu, biaya rumah sakit dan pengobatan menjadi semakin meningkat. Namun, dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu dan keluarga akan mendapatkan bantuan finansial jika pada suatu hari membutuhkan dana darurat untuk pengobatan dan perawatan.

Jenis penyakit yang biasanya mendapatkan tanggungan ialah seputar cedera, cacat, sakit, hingga kematian yang diakibatkan karena kecelakaan. Ada baiknya bila kamu mulai mengajukan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sejak usia dini karena pada nantinya dana yang terkumpul pun akan semakin besar dan cepat untuk bisa digunakan.

3. Asuransi Pendidikan

Pendidikan merupakan hak yang seharusnya wajib didapatkan oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan tanpa terkecuali. Hanya saja, mahalnya biaya pendidikan, khususnya di Indonesia, membuat masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkannya secara layak. Setiap orang tua pasti ingin agar anak-anaknya bisa mendapatkan pendidikan terbaik, dan dengan memiliki asuransi pendidikan, kamu menjadi bisa menjamin hal tersebut.

Ada baiknya bila kamu mulai mengajukan asuransi pendidikan sejak usia dini anak agar premi yang dibayarkan pun tidak terlalu besar. Selain itu, jumlah premi juga akan dipengaruhi oleh jenjang pendidikan yang telah dipilih oleh si pemegang polis.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi sangatlah penting untuk dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat. Bukan hanya memberikan bantuan atas biaya, memiliki asuransi juga dapat memberikan perlindungan dan sebagai tanda kasih saya mu kepada anggota keluarga. Selain ketiga jenis asuransi yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa jenis asuransi yang perlu kamu ketahui lagi beserta manfaatnya. Penasaran? Kunjungi saja https://www.cekaja.com/info/mengenal-perbedaan-jenis-asuransi-untuk-proteksi-aset-dan-diri/ dan ketahuilah informasi lainnya mengenai asuransi yang perlu kamu ketahui.

Perlu diingat bahwa lebih baik mengantisipasi dibandingkan mencari solusi ketika suatu hal terjadi, bukan? Mulailah melindungi diri mu dan keluarga dengan asuransi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan