Inilah Kelebihan dan Kekurangan Tenor Panjang dan Pendek dalam Pinjaman Dana Online

Umumnya saat sebelum anda melakukan pengajuan pinjaman dana online, sebagian besar orang akan mempertimbangkan besarnya bunga yang dikenakan. Padahal sebenarnya selain bunga, masih ada hal lain yang harus anda perhatikan saat mengajukan pinjaman yang tidak kalah pentingnya yakni tenor pinjaman. Tenor pinjaman akan menentukan waktu yang diberikan untuk anda mengembalikan uang yang anda pinjam.

Untuk anda yang ingin melakukan pengajuan dana pinjaman, maka sebaiknya anda juga mengetahui berapa lama tenor pinjaman yang ditawarkan kepada anda oleh penyedia jasa pinjaman online. Tenor pinjaman sendiri dibagi jadi dua yakni tenor singkat/pendek dan tenor panjang. Jangka waktu tenor panjang sekitar 3 sampai 5 tahun untuk kendaraan bermotor dan untuk KPR 15 sampai 20 tahun.

Sedangkan pinjaman dana tenor pendek umumnya jangka waktunya dibawah 3 tahun, dari 6 bulan sampai 24 bulan. Umumnya pinjaman ini berbentuk pinjaman tunai, elektronik, furniture, atau juga kredit kendaraan bermotor. Lamanya tenor yang ditawarkan ini juga jadi daya pikat sendiri untuk nasabah. Tentu saja masih ada banyak kelebihan dan kekurangan tenor pendek atau panjang yang bisa anda pilih.

Kelebihan dan Kekurangan Tenor Panjang

Jika anda menggunakan tenor panjang, maka anda akan mendapat keuntungan berupa cicilan tiap bulannya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan tenor pendek. Selain itu uang muka yang harus anda bayar juga lebih kecil dengan jumlah minimal uang muka. Dengan uang muka yang rendah, maka tentu saja kemampuan anda untuk membayar cicilannya juga lebih besar.

Bahkan waktu untuk melunasi pinjaman dana yang anda ajukan juga cukup lama, sehingga tidak akan membebani dalam penghasilan anda tiap bulannya. Cicilan yang relatif rendah juga tidak akan mempengaruhi keadaaan finansial anda. Anda bisa hanya mengandalkan penghasilan anda setiap bulan dan cicilan anda bisa anda bayar tanpa harus cari penghasilan tambahan untuk membayar cicilan.

Jika anda tidak punya penghasilan setiap bulan yang tinggi, maka pilihan tenor panjang merupakan pilihan yang tepat untuk anda pilih. Hal ini untuk membantu anda mudah dalam membayar cicilan tiap bulannya dan tidak menunggak. Namun meskipun banyak kelebihannya, tenor panjang juga punya kelemahan yang juga harus anda ketahui agar anda bisa memilih dengan tepat.

Jika anda memilih tenor panjang, maka anda diharuskan membayar jumlah total semuanya yang anda pinjam lebih besar. Sebab anda harus membayar cicilan yakni utang pokok dan bunga dalam waktu yang panjang. Semakin lama tenor yang anda ajukan, maka tentu saja beban bunga yang akan anda tanggung juga jadi semakin besar.

Kelebihan dan Kekurangan Tenor Pendek

Apabila anda punya kemampuan finansial yang bagus, maka anda bisa memilih masa tenor pendek. Tenor pendek atau singkat ini memang dibuat untuk anda para nasabah yang bisa membayar cicilan tiap bulannya dalam jumlah yang besar. Selain itu untuk nasabah yang melakukan pengajuan kredit dengan uang muka besar dan juga tenor pendek, maka cicilan lebih ringan.

Selain itu anda bisa memilih tenor pendek jika pinjaman dana yang anda lakukan tidak terlalu besar. Dengan masa tenor pendek maka anda tentu saja bisa berkurang bebannya dan tidak perlu memikirkan hutang anda selama bertahun – tahun. Namun tenor pendek juga punya kekurangan misalnya total cicilan yang anda harus bayarkan tiap bulannya juga cukup tinggi.

Namun jumlah seluruh pinjaman yang dibayar juga lebih rendah jika dibandingkan dengan tenor panjang. Bunga tiap tahunnya juga lebih kecil jika dibandingkan dengan tenor panjang. Meskipun demikian, anda juga harus bisa mengatur keuangan dengan lebih ketat karena pengeluaran anda tiap bulannya juga cukup besar. Tentu saja untuk mengantisipasi jika suatu saat anda perlu dana mendadak. 

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi tentang produk pinjaman uang, anda bisa melihat di alamat website www.cekaja.com/kredit. Yang menyediakan kredit dengan cicilan ringan dan bunga rendah. Itulah informasi tentang tenor jangka panjang dan pendek dalam pinjaman dana.

Tinggalkan Balasan