Bank BTN Punya Pinjaman Lunak, Jangan Sampai Salah Memanfaatkan

Istilah pinjaman lunak pasti sudah sangat familiar di dunia perbankan. Istilah tersebut berarti fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah dan berjangka waktu panjang. Fasilitas ini diberikan oleh bank pembangunan multilateral dan bilateral, untuk pembiayaan proyek pembangunan di negara-negara berkembang. Umumnya pinjaman lunak memiliki jangka waktu panjang sampai dengan 50 tahun. Bank BTN punya pinjaman lunak yang bisa Anda manfaatkan.

Secara umum, tujuan pinjaman lunak adalah mendapatkan keuntungan. Keuntungan diperoleh dalam bentuk bunga yang diterima oleh pihak bank sebagai tanda balas jasa. Tujuan kedua yaitu pengembangan usaha nasabah. Bank dapat mendukung usaha nasabah dengan memberikan pinjaman berupa investasi  dan modal kerja. Sedangkan tujuan meningkatkan ekonomi mempunyai pengaruh terhadap perekonomian negara. Dengan penyaluran pinjaman kepada nasabah dapat membangun sektor di berbagai pembangunan negara.

Pinjaman lunak juga memiliki beberapa fungsi. Diantaranya, fungsi peningkatan daya guna uang. Penyaluran dana pinjaman merupakan pengalihan dari status uang yang tidak aktif menjadi aktif. Kedua yaitu meningkatkan daya guna barang. Pinjaman yang digunakan oleh bank dapat digunakan untuk mengolah barang menjadi memiliki daya guna barang yang lebih tinggi, sehingga barang memiliki nilai jual yang lebih bermanfaat.

Fungsi lain dari pinjaman lunak adalah peningkatan motif usaha. Pinjaman yang diberikan kepada nasabah yang memerlukan dana akan sangat berdampak sebagai motivasi berusaha. Selanjutnya, pinjaman lunak juga berfungsi untuk meningkatkan pendapatan. Pinjaman lunak yang diberikan kepada masyarakat industri atau usaha produksi dan investasi akan mampu meningkatkan kebutuhan tenaga kerja. Secara keseluruhan penyerapan tenaga kerja ini akan membuat peningkatan pendapatan masyarakat.

Bank BTN punya pinjaman lunak yang memang bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Pinjaman lunak yang memiliki kelebihan proses lebih mudah dan fasilitas yang lebih menguntungkan membuat siapa saja sangat mungkin menerima persetujuan. Meski prosesnya mudah dan aturannya lebih sederhana, Anda tetap harus bijak dalam menggunakan dana dari pinjaman lunak. Hal-hal di bawah ini sebisa mungkin harus Anda hindari dalam memanfaatkan dana hasil pinjaman lunak agar tidak menimbulkan masalah baru.

Mengajukan Pinjaman untuk Keperluan Konsumtif

Pinjaman lunak dari bank memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Tidak terkecuali keperluan konsumtif seperti biaya hidup, biaya pendidikan, biaya liburan, biaya pernikahan, biaya renovasi hingga pembelian barang-barang mewah. Namun peruntukan tersebut hanya akan membuat dana segar dari bank menjadi tidak berkembang. Karena sifat konsumtif tidak akan ada habisnya jika terus dituruti sementara uang terus digunakan.

Cara bijak untuk memanfaatkan pinjaman lunak adalah dengan mengolahnya untuk keperluan produktif. Keperluan produktif termasuk untuk memulai usaha maupun mengembangkan usaha yang sudah didirikan. Dengan begitu, uang akan terus mengalami perputaran dan tidak berhenti menjadi benda yang tidak bisa dimanfaatkan lebih banyak. Dari hasil usaha, sangat mungkin keuntungan yang diterima digunakan untuk membayar cicilan.

Pinjaman untuk Membayar Utang Lain

Dalam kondisi menanggung utang, mengajukan pinjaman memang sering dijadikan solusi yang dianggap cepat. Memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena dana segar dari bank tentu sangat bisa digunakan untuk membayar utang. Bisa juga satu lubang utang tertutup dari uang hasil pinjaman lunak bank. Namun Anda harus sadar betul bahwa kondisi tersebut tidak akan bertahan lama.

Jika seperti demikian cara memanfaatkan dana pinjaman bank, itu sama dengan Anda masuk ke lubang utang lain. Apalagi pinjaman dari bank mengharuskan Anda membayar bunga. Sangat mungkin lubang utang baru yang baru saja Anda ciptakan itu justru adalah lingkaran utang yang tidak akan pernah ada habisnya. Jadi agar hal tersebut tidak menimpa Anda, sebaiknya jangan mengajukan pinjaman baru hanya untuk menutup cicilan atau utang lama.

Dana Pinjaman untuk Berinvestasi

Siapapun pasti ingin memiliki investasi yang bisa diandalkan di masa depan. Apalagi sekarang ini ada begitu banyak jenis investasi ringan dengan jaminan keuntungan besar. Banyak orang yang kemudian tergiur ingin mengikutinya. Memang tidak ada yang salah dengan keputusan berinvestasi apalagi jika itu bertujuan untuk menjamin keuangan di masa depan. Tapi sumber dana untuk investasi itulah yang perlu Anda rencanakan dengan baik.

Menggunakan uang pinjaman dari bank untuk berinvestasi bukanlah cara yang bijak. Karena ada kemungkinan Anda mengalami kerugian jika nilai investasi sedang turun. Sementara ada bunga pinjaman yang harus rutin Anda bayar setiap jatuh tempo. Bank BTN punya pinjaman lunak yang bisa Anda manfaatkan tapi tidak disarankan untuk dimanfaatkan dalam bidang investasi. Hal tersebut merupakan langkah pencegahan dari kemungkinan kerugian.

Menggunakan Tidak pada Tujuan Awal

Setiap jenis pinjaman di bank selalu dibedakan berdasarkan peruntukannya. Ada pinjaman untuk modal usaha. Ada juga pinjaman untuk kepemilikan asset seperti rumah atau kendaraan. Ada pula pinjaman yang diperuntukkan khusus pegawai dan pekerja. Tidak ketinggalan jenis pinjaman khusus untuk pensiunan. Ketika mengajukan pinjaman ke bank, Anda sudah harus tahu mengenai peruntukannya.

Setelah menerima persetujuan dan bank mencairkan dana segar untuk Anda, Anda harus komitmen untuk menggunakan dana tersebut sesuai peruntukkannya. Hindari menggunakan dana tersebut untuk tujuan yang salah. Sebagai contoh, menggunakan dana KTA (Kredit Tanpa Agunan) untuk membeli motor baru. Beli sepeda motor dengan KTA justru sebab dari segi bunga jelas udah jauh berbeda.

Kesalahan-kesalahan di atas harus sebisa mungkin Anda hindari. Bank BTN punya pinjaman lunak yang pasti bisa menguntungkan jika dimanfaatkan secara benar. Untuk prosedur serta informasi lainnya mengenai pinjaman lunak, silakan kunjungi https://www.cekaja.com/banks/btn/pinjaman/kta-btn.

Tinggalkan Balasan