4 Tips Kembangkan Bisnis Busana Muslim Online

4 Tips Kembangkan Bisnis Busana Muslim Online

Tren berbusana muslim kian marak saja. Setelah sebelumnya bisnis busana muslim dimulai oleh beberapa artis yang mencoba berwirausaha, sekarang banyak orang yang juga ikut mencoba membuka usaha yang satu ini. Apalagi, di momen Idul Fitri dan Idul Adha, permintaan akan busana muslim biasanya akan melonjak.

Anda tidak boleh asal dalam mengelola bisnis ini. Terlebih jika anda membuka toko online, karena saat ini semakin banyak saja pesaing. Jika tak pandai berinovasi, maka bukan tidak mungkin bisnis busana muslim milik anda akan sepi peminat dan akhirnya justru gulung tikar. Tentu anda tidak ingin mengalami hal ini dan mendapat kerugian. Oleh karenanya, anda wajib menyimak beberapa tips berikut untuk membantu mengembangkan bisnis busana muslim milik anda.

Variasikan Model

Stok busana muslim yang anda miliki harus rutin anda cek. Usahakan agar toko online anda selalu berinovasi dalam memvariasikan model baju. Buatlah desain dan jahit baju atau hijab terbaru yang disesuaikan dengan tren terkini. Jika anda merupakan dropshiper, perluas partner kerjasama agar memperoleh barang yang beragam. Sehingga konsumen anda tidak dibuat jenuh dengan model baju yang begitu-begitu saja.

Sebagai contoh, di tahun 2019 ini, dress wanita dengan renda menjadi tren yang sedang hits di kalangan para hijabers. Anda bisa sesegera mungkin memiliki produk sejenis, namun dengan keistimewaan lain. Misalnya, produk anda (sebagai dropshiper) juga dimiliki toko online lain, namun anda menjualnya lebih murah.

Anda juga bisa menjahit baju dengan model itu namun ditambah sedikit aksen atau aksesoris lain yang makin mempercantik produk. Sehingga produk anda beda dari yang lain. Pertimbangkan juga untuk memiliki koleksi yang juga bisa dipakai untuk wanita yang tidak berhijab. Agar peminat produk anda semakin banyak.

Percantik Akun Media Sosial

Kita tidak bisa mengabaikan promosi online lewat akun media sosial. Ya, media sosial yang anda gunakan tidak hanya dipakai untuk memposting produk saja. Namun sebaiknya, anda juga membuat materi promosi dengan tampilan yang indah. Ide ini bisa anda terapkan saat memberi bocoran koleksi toko anda selanjutnya. Untuk memaksimalkan materi promo di media sosial, pastikan anda memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Kualitas foto harus dengan resolusi yang bagus, tidak blur dan warna pakaian tampak jelas sesuai aslinya.
  • Gunakan aplikasi edit foto untuk mempercantik materi foto.
  • Siapkan caption yang menarik dan informasi yang jelas mengenai produk yang akan anda rilis di koleksi yang akan datang.
  • Pilih model yang fotogenik agar produk semakin menarik untuk dibeli.

(Baca juga: Punya Modal Rp 10 Juta? Bisnis Busana Muslim Punya Prospek Cerah)

Buat Promosi Flash Sale

Siapa sih konsumen yang tidak suka dengan barang murah atau diskon yang lumayan? Ya, jangan sekali-kali anda merasa takut rugi jika membuat diskon. Buatlah perhitungan khusus agar anda dapat menentukan besaran diskon tanpa harus rugi. Setelah itu jual dengan metode flash sale, yang dimana promo ini berjangka waktu yang singkat.

Misalnya, diskon 10% hanya untuk pemesanan di hari HUT RI ke-74 pada 17 Agustus 2019, atau hanya saat tanggal cantik 1 September 2019 (1-9-19). Dengan promo flash sale, konsumen akan berebut memilih barang diskonannya dan siap membeli produk anda.

Berkolaborasi dengan Influencer

Terkadang, kita tidak dapat membesarkan nama toko online dengan promosi mandiri (tanpa bantuan dari akun lain). Maka dari itu, berkolaborasi dengan tokoh terkenal atau influencer di media sosial lah jawabannya. Untuk pemilik toko online yang memiliki penyuplai stok lainnya (dropshiper), anda bisa meng-endorse influencer untuk mempromosikan barang dagangan anda.

Sedangkan untuk anda yang memproduksi sendiri barang dagangan, ajak lah influencer untuk berkolaborasi membuat koleksi yang mengkombinasikan model baju favorit sang influencer, dengan model baju toko online anda. Dijamin, keterlibatan influencer dalam bisnis busana muslim anda akan membuat keuntungan. Dengan syarat, pemilihan influencer tepat sesuai dengan produk anda. Sebagai info, biaya untuk berkolaborasi tentu saja lebih mahal dibandingkan biaya endorse.

Bisnis busana muslim bisa sukses jika anda selalu berinovasi. Jika anda ingin tahu siapa saja pengusaha yang sukses dengan bisnis busana muslimnya, anda bisa membaca artikelnya di link berikut:
https://www.cekaja.com/info/5-artis-cantik-yang-sukses-berbisnis-busana-muslim/

Tinggalkan Balasan